Pst4r8 Blog

I Love Coding & Hacking

I do Pentesting

I Develop Web Apps

Pst4r8 Blog

I Love Coding & Hacking

I do Pentesting

I Develop Web Apps

Postingan Blog

Pengertian, Fungsi, dan Solusi VPN Server

Januari 21, 2021 Materi
Pengertian, Fungsi, dan Solusi VPN Server

Di era digital saat ini pastinya banyak dari beberapa situs rahasia yang sengaja dibuat untuk tidak bisa diakses melalui jaringan lokal bisa. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah materi mengenai pengertian, fungsi, dan solusi VPN Server yang digunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir.

Pengertian VPN Server

VPN (Virtual Private Network) identik dengan sebuah teknologi yang memungkinkan dapat mengakses jaringan lokal melalui internet dengan teknologi tunneling sebagai koneksi private melalui jaringan public dengan mobilitas tinggi. Dengan VPN dapat membuat jaringan di dalam jaringan yang biasa disebut sebagai tunnel. Beberapa software dan teknik untuk membuat koneksi VPN, di antaranya PPTP dan OpenVPN. Penggunaan PPTP lebih praktis dan tidak memerlukan software khusus yang diinstall di client tetapi kurang aman, karena enskripsi untuk koneksinya masih belum memadai. Sedangkan OpenVPN merupakan software untuk melakukan koneksi ke server VPN yang akan dienskripsi sedemikian rupa menggunakan certificate dan key yang berbeda untuk tiap user. sehingga keamananya bisa dijamin. Selain proses konfigurasi yang agak panjang, OpenVPN memerlukan software khusus yang harus diinstall di PC Client, yaitu OpenVPN Client.

Fungsi VPN (Virtual Private Network)

1. Menghubungkan kantor-kantor cabang melalui jaringan public

Perusahaan menggunakan VPN, maka tidak perlu membangun jaringan sendiri. Perusahaan cukup terhubung dengan jaringan publik seperti internet, Sebab hampir semua kantor perusahaan pasti memiliki akses internet. Dengan demikian bisa dihemat anggaran koneksi untuk ke cabang-cabang.

2. Mobile working

Perusahaan menggunakan VPN, maka pegawai dapat terhubung langsung dengan jaringan kantor secara private. Maka pegawai dapat melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan dari depan komputer tanpa harus berada di kantor. Hal ini menjadi solusi virtual office di zaman mobilitas tinggi seperti sekarang ini.

3. Securing your network

Saat ini beberapa vendor seperti telkom memberikan solusi PN untuk perusahaan-perusahaan. Namun solusi ini masih kurang aman, karena untuk terhubung tidak memerlukan authentikasi. Sehingga bila ada pengguna mengetahui settingan VPN perusahaan tersebut maka dia dapat terhubung ke jaringan perusahaan tapi harus login. Misalnya pada telkomsel VPN hanya dengan mengganti nama APN pada settingan network maka dia dapat langsung terhubung dengan jaringan dengan nama APN tersebut.

4. Mengamankan jaringan wireless

Jaringan wireless merupakan jaringan publik yang bisa diakses oleh siapa saja yang berada dijangkauan wireless tersebut. Walaupun wireless juga memiliki pengaman seperti WEP, WPA, dan WPA2 namun jaringan wireless masih saja bisa ditembus. Dengan menggunakan VPN maka user yang terhubung ke wireless harus membuat tunnel dulu dengan login ke VPN server baru bisa menggunakan resource jaringan seperti akses internet dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Solusi VPN Server

1. IPSEC sebagai solusi VPN via IP Secure Protocol

Solusi yang sudah distandarisasi tapi paling susah dikonfigurasi. Tingkat keamanan yang cukup baik namun dalam implementasinya cukup rumit. Aplikasi yang digunakan yang berbasis open source yaitu Open/Free Swan.

2. PPPT sebagai solusi VPN versi awal

Solusi VPN dengan feature standar dimana jaringan dibangun dengan point to point seperti halnya anda melakukan dial up pada internet dirumah. Pada saat dial up ke provider internet ada maka akan dibangun point to point tunnel melalui jaringan telepon. Aplikasi Open Source yang menggunakan PPPT adalah PopTop.

3. VPN with SSL

VPN with SSL merupakan solusi VPN dengan menerapkan protocol Secure Socket Layer (SSL) pada enskripsi jaringan tunnel yang dibuat. Solusi ini diawali dengan aplikasi OpenVPN.

Manfaat VPN (Virtual Private Network)

1. Biaya lebih murah

Pembangunan jaringan leased line khusus/pribadi memerlukan biaya yang sangat mahal. VPN dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. VPN dibangun dengan menggunakan jaringan internet milik publik tanpa perlu membangun jaringan pribadi. Dengan demikian bila ingin menggunakan VPN hanya diperlukan koneksi internet.

2. Fleksibilitas

Sekarang ini internet semakin berkembang, dan makin banyak user yang menggunakannya sehingga membuat VPN juga ikut berkembang. Setiap user dapat tergabung dalam VPN yang telah dibangun tanpa terbatas jarak dan waktu. Fleksibilitas dapat dicapai apabila user tersebut terkoneksi dengan internet dan mendapat ijin menggunakan VPN.

3. Kemudahan pengaturan dan administrasi

Keseluruhan VPN dapat diatur dalam server VPN sendiri, dan untuk dapat digunakan oleh klien, maka perlu diinstall aplikasi VPN pada klien. Hal ini tentu lebih mudah apabila dibandingkan dengan menggunakan leased line yang perlu memonitor modem.

4. Mengurangi kerumitan pengaturan dengan teknologi tunneling

Tunneling (terowongan) merupakan kunci utama pada VPN. Koneksi pribadi dalam VPN dapat terjadi dimana saja selama terdapat tunnel yang menghubungkan pengirim dan penerima data. Dengan adanya tunnel ini, maka tidak diperlukan pengaturan-pengaturan lain yang ada diluar tunnel tersebut, asalkan sumber dari tunnel tersebut dapat menjangkau tujuannya.

Nah itulah beberapa materi mengenai pengertian, fungsi, dan solusi VPN Server serta beberapa manfaat menggunakan koneksi VPN. Jika Anda tertarik untuk menggunakan koneksi VPN, pastikan Anda menggunakan VPN yang sudah teruji keamanannya dan jangan menggunakan VPN yang abal-abal sebab sangat berbahaya.

Taggs:
Write a comment